Demi mendukung akselerasi transformasi digital di sektor kesehatan, Indosat Ooredoo Huchison turut menymbangkan fasilitas modern untuk puskesmas dan klinik di Lampung. Penerapan beberapa teknologi digital perusahaan digunakan demi mendukung kebutuhan tersebut, yang mana disesuaikan dengan kebutuhan sektor pelayanan kesehatan.
Ada apa saja? Integrasi teknologi di dalam sektor industri sebenarnya bukan hal baru. Namun di tingkat rendah, seperti puskesmas dan klinik peningkatan teknologi ini dibutuhkan untuk banyak perbaikan fasilitas dan operasional. Contohnya untuk proses administrasi, operasional puskesmas, hingga konsultasi dengan doktor.
Indosat Dan Digitalisasi Faskes
Indosat Ooredoo Hutchison melalui ACP (authorized Channel Partner) indosat business menghadirkan bantuan dalam bentuk paket solusi lengkap untuk implementasi teknologi digital di sarana fasilitas kesehatan. Salah satu produk yang diajukan adalah paket solusi lengkap berisi tablet device, konektivitas indosat, dan SIMPuskesmas.
SIMPuskesmas adalah Sistem Informasi Manajemen yang membantu kebutuhan manajemen puskesmas dan juga proses operasional bisnis kesehatan. Sebagai penyedia komunikasi di Indonesia, Indosat juga menyediakan paket konektivitas Indosat. Dan satu lagi adalah tablet device atau perangkat tablet untuk integrasi digital dasar.
Beragam Jenis Teknologi Digital
1. Sistem Otomasi Dan Kendali Proses
Sistem otomasi dan kendali proses bisa disediakan dan dibuat sesuai kebutuhan. Dalam hal ini adalah untuk sektor kesehatan dan operasional faskes. Umumnya, Teknologi digital perusahaan yang satu ini lebih erat di dunia transportasi atau manajemen logistik. Secara tidak langsung puskesmas juga bisa menggunakan sistem otomatisasi untuk proses pengolahan data.
Sebut saja seperti sistem administrasi keluar masuknya atau pendaftaran dari pasien. Perlu adanya data yang banyak, begitu pula dengan pemilihan proses konsultasi dan pengobatan. Dengan sistem otomasi dan kendali proses tahap daftar ini bisa dipermudah, cepat, dan ringan. Bahkan mengurangi kesalahan input.
2. Penggunaan Big Data Dan Analitika
Salah satu teknologi yang paling membantu adalah penggunaan big data dan analitika. Program dan kemampuan ini kini bisa didukung dengan Ai (artificial intelligence) yang membantu perhitungan data dan analisa informasi lebih tepat dan akurat. Data apa yang dimaksud? Berkaitan dengan sektor pendidikan, maka ada banyak kemungkinan.
Dari skala dasar, Teknologi digital perusahaan ini membantu puskesmas atau klinik mengolah informasi yang didapat dari administrasi. Sebut saja nama, data penyakit, dokter, bahkan jadwal yang membutuhkan ketelitian. Dari segi analisa penyakit, teknologi pun bisa jadi inovasi diagnosa jarak jauh berdasar data yang diinput oleh pasien.
3. Penggunaan Kecerdasan Buatan
Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan bisa dibentuk dengan data sesuai kebutuhan. Penggunaan AI di transformasi digital faskes bisa membawa revolusi dalam pelayanan kesehatan di berbagai daerah. Ai bisa meningkatkan efisiensi operasional, pelayanan pasien otomatis, diagnosa penyakit bahkan perumusan obat untuk pasien.
Dampak Dari Teknologi Digital Untuk Faskes
1. Kemudahan Akses Dan Globalisasi
Indosat tidak hanya berfokus dalam memberikan sarana, namun juga menyelesaikan salah satu kendala pelayanan kesehatan di lingkungan daerah yang berupa akses. Biasanya batasan geografis dan proses operasional yang manual mengharuskan pasien, dokter, dan staf bertemu di rumah sakit.
Namun dengan adanya teknologi digital, beberapa informasi dan proses untuk berobat bisa diselesaikan dengan akses jarak jauh. Di sinilah teknologi Telemedicine diharap menjadi solusi, karena bisa memberi akses informasi, pendaftaran, bahkan komunikasi secara langsung tanpa harus mendatangi lokasinya.
2. Pemasaran Yang Lebih Efektif
Selain dari sisi pelayanan pengobatan, Teknologi digital perusahaan yang tepat bisa memberikan media untuk pemasaran. Dalam hal ini puskesmas dan klinik bisa menggunakan sarana digital untuk memasarkan tawaran pengobatan, program puskesmas, hingga informasi kesehatan yang bersifat publik yang lebih mudah dijangkau pasien atau pengguna lainnya.
3. Penyederhanaan Proses
Salah satu fungsi yang diharapkan adalah perubahan dalam model bisnis, atau di dalam hal ini adalah operasional faskes. Dengan adanya tren teknologi, diharapkan proses tradisional yang masih manual bisa disederhanakan dan dipercepat. Seperti mendaftar melalui aplikasi, input data otomatis, dan antrian yang akurat. Hal ini akan menyederhanakan proses bahkan menghemat biaya.
4. Inovasi Dan Efisiensi Operasional
Digitalisasi dan transformasi digital di sektor pendidikan sekelas puskesmas ini bisa membuka inovasi dan efisiensi operasional baru. Sebut saja otomatisasi proses untuk mempercepat proses administrasi. Di sisi lain, harapan ini bisa mengurangi biaya dan meningkatkan kinerja fasilitas kesehatan.
5. Transformasi Industri
Dalam era digital ini, teknologi dan transformasi diharapkan bisa membawa nilai positif. Dalam bidang kesehatan, diharapkan transformasi digital di industri kesehatan ini bisa mewujudkan penggunaan telemedicine yang optimal. Dimana proses pelayanan akan dipermudah, konsultasi jarak jauh, hingga penyebaran informasi yang lebih efektif.
Fasilitas kesehatan layak mendapatkan perhatian lebih untuk meningkatkan efisiensi kerjanya. Karena itulah, proyek digitalisasi dan transformasi digital oleh Indosat ooredoo Hutchison bisa jadi contoh utama untuk penerapan teknologi digital perusahaan pada sektor kesehatan. Dengan demikian, layanan kesehatan akan lebih layak dan berkualitas.