FMCG

Perusahaan yang bermain di sektor FMCG atau Fast Moving Consumer Goods merupakan perusahaan yang memproduksi produk-produk yang bersifat fast moving atau barang yang perpindahannya berjalan sangat cepat, dengan usia kadaluarsa produk yang umumnya hanya 1-2 tahun saja.

Dengan jumlah penduduk yang mencapai 250 juta jiwa, sektor FMCG jadi salah satu bisnis populer dan paling menjanjikan di Indonesia. Tidak hanya itu, perusahaan yang bermain di sektor ini pun cukup banyak menyerap tenaga kerja, dan sangat menjanjikan bagi para pencari kerja.

Sebagai contoh Enesis Group. Perusahaan ini memiliki 3 bidang usaha dengan 3 pabrik yang berbeda, sehingga kebutuhan tenaga kerja sangat tinggi. Nah buat Anda yang berminat bekerja di perusahaan FMCG, berikut beberapa skill yang wajib dimiliki.

  1. Menguasai Teknologi

Saat ini hampir semua pebisnis sudah menggunakan teknologi untuk memudahkan aktivitas bisnis mereka. Mulai dari bidang produksi, pemasaran, pergudangan atau stok, hingga distribusi, semuanya sudah menggunakan sistem otomatisasi.

Hal ini tentu berlaku untuk perusahaan FMCG yang proses produksi hingga distribusi, membutuhkan proses yang sederhana, cepat dan akurat. Maka dari itu, orang yang menguasai teknologi, baik IT, software engineer, dan lainnya, umumnya sangat dibutuhkan oleh mereka.

  1. Keterampilan Ilmu Lintas Disiplin

Beberapa perusahaan mungkin membutuhkan expert di satu bidang, namun bagi industri FMCG, expert generalis jauh lebih dibutuhkan agar mampu melihat, dan menangkap peluang dengan baik, untuk kemudian dituangkan dalam ide produksi.

Contohnya, jika Anda ahli dalam bidang bidang penjualan atau sales, ada baiknya kemampuan tersebut diimbangi dengan pemahaman luas terkait hal-hal yang dibutuhkan untuk memahami konsumen, melakukan riset pasar, hingga melahirkan ide atau inovasi sebuah produk.

  1. Mampu Bekerja di Bawah Tekanan

Jika Anda termasuk orang yang mudah panik, sebaiknya hentikan mimpi bekerja di sektor FMCG. Pasalnya, perusahaan ini bergerak di bidang yang membutuhkan kecepatan dan fleksibilitas tinggi, serta setiap karyawannya dituntut untuk punya kemampuan mengambil keputusan dengan tepat.

Tidak hanya itu, Anda pun akan dituntut untuk mampu mampu mengatur waktu dengan baik, memiliki keterampilan organisasi, dan siap bekerja dengan target tertentu. Tidak hanya bagian pemasaran, kemampuan ini sangat dibutuhkan untuk Anda yang bekerja di bidang produksi.

  1. Mampu Melakukan Analisa

Skill lainnya yang tidak kalah penting adalah, kemampuan menganalisis data. Ini penting, mengingat seluruh bidang pekerjaan di bidang FMCG tidak lepas dari analisa, menemukan titik permasalahan atau peluang inovasi, melakukan perencanaan, hingga eksekusi. Semuanya harus berbasis data.

Kenapa seperti itu? Kemampuan menganalisa data sangat dibutuhkan untuk mempelajari bagaimana selera pasar, daya beli masyarakat, hingga produk-produk yang sedang dibutuhkan pasar, serta peluang atau prospek dari produk yang dihasilkan.

  1. Memiliki Kemampuan Persuasi

Sektor FMCG memiliki pangsa pasar yang sangat besar, dengan banyak ‘pemain’ di dalamnya. Jika tidak punya kemampuan persuasi, tentu Anda akan sulit membantu perusahaan tersebut menghasilkan produk yang dibutuhkan masyarakat, terus berkembang, dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Tidak hanya itu, kemampuan persuasi nantinya dibutuhkan sebagai skill khusus saat berkoordinasi dengan rekan kerja, perusahaan rekanan, atau divisi lainnya. Tidak hanya mereka yang bergerak di bidang pemasaran, bidang produksi, hingga pergudangan, membutuhkan skill tersebut.

Similar Posts